6 Cara Mudah Memeriksa Kesehatan Testis Sendiri

Cara Memeriksa Kesehatan TestisMenjaga dan memeriksa kesehatan testis merupakan salah satu hal yang penting agar kita dapat mengetahui perubahan dan mencegah penyakit yang akan terjadi pada testis. Bagaimana saja cara memeriksa testis sendiri? untuk lebih jelas, mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Memeriksa testis sendiri adalah salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk mendeteksi penyakit kelamin sejak awal. Dengan memeriksa testis berarti kita dapat mencegah penyakit, salah satu contoh penyakit yang dapat terjadi pada testis yaitu kanker testis. Gejala kanker testis yang harus diwaspadai yaitu adanya benjolan dan pembengkakan. Namun beberapa pria biasanya tidak akan menyadari sampai kanker membesar dan menyebar.

Kanker testis merupakan salah satu jenis kanker yang memerlukan pengobatan kanker testis supaya tidak terjadi penyebaran yang akan menyebabkan masalah serius serta berbahaya pada kesehatan testis. Untuk mengetahui bagaimana saja cara pemeriksaan kesehatan testis sendiri berikut adalah penjelasannya.

6 Cara Pemeriksaan Testis Sendiri.

Gambar terkait

  1. Periksa setelah mandi.
    Untuk pemeriksaan testis sebaiknya periksa pada malam hari setelah mandi dengan air hangat hal ini karena skrotum masih dalam keadaan rileks dan lembut. Caranya yaitu dengan memegang testis sedikit agak ketat namun tetap santai pastikan tidak terdapat benjolan.
  2. Lakukan didepan kaca.
    Untuk mengetahui masalah pada testis menjadi lebih jelas sebaiknya lakukan didepan kaca pastikan testis dalam keadaan normal, jika ada yang tidak beres seperti perubahan ukuran sebaiknya anda harus waspada.
  3. Periksa bentuknya saat anda memeriksa.
    Untuk mengetahui apakah terjadi masalah atau tidak pada testis sebaiknya periksa masing-masing testis diwaktu yang berbeda sehingga anda dapat mengetahui perbedaan dari masing-masing testis.
  4. Lakukan gerakan melingkar.
    Gunakan kedua tangan dengan lembut untuk memutar testis  antara jari-jari. Tempatkan ibu jari di atas testis, dengan telunjuk dan jari tengah masing-masing di belakang testis, dan kemudian putar antara jari-jari, pastikan juga apakah ada benjolan atau pembengkakan pada bagian dalam atau bagian luar testis.
  5. Periksa skrotum.
    Untuk memeriksa skrotum anda bisa melakukannya dengan cara mengarahkan tangan pada skrotum dan lihat apakah ada perubahan seperti kasar, bersisik, perubahan warna, ruam, atau kemerahan.
  6. Periksa apakah ada yang aneh.
    Jika anda merasakan gatal, nyeri, atau berat pada testis seperti tidak biasanya sebaiknya nada harus waspada dan melakukan pemeriksaan kedokter untuk mengetahui kemungkinan terjadinya penyakit atau masalah supaya dapat memberikan penanganan pada tahap awal.

Demikian penjelasan tentang cara memeriksa kesehatan testis sendiri semoga bermanfaat dan semoga membantu anda untuk mendeteksi penyakit dari awal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s